PENUTUPAN LAPOT DAN RAKOR

SAR Timika. Pelaksanaan Rakor (Rapat Koordinasi) dan Lapot (Latihan Potensi) SAR Daerah Wilayah Kantor SAR Timika yang terlaksana mulai pada hari Rabu (12/08) tersebut pada hari kamis (13/08) tepatnya pukul 16:10 WIT telah resmi ditutup oleh Direktur Bina Ketenagaan dan Pemasyarakatan SAR Badan SAR Nasional Brigadir Jendra TNI Suprayogi di gedung aula Kantor SAR Timika.
Penutupan kegiatan dan pelatihan potensi SAR Daerah Timika yang diikuti oleh peserta perwakilan dari seluruh instansi terkait mulai dari jajaran TNI, POLRI, BPBD,Pegawai Negri Sipil Pemda, Pegawai Swasta dan perwakilan Perguruan Tinggi di Kabupaten Mimika itu berlangsung sangat hikmat.
Sebelum dimulainya penutupan para peserta pelatihan CSSR (Collopsed Structur Search an Rescue) melakukan demonstrasi tentang apa saja yang telah mereka pelajari selama dua hari itu di kantor SAR Timika. Dengan mensimulasikan seorang korban yang masih sadarkan diri yang terjebak dalam sebuah bangunan gedung, peserta langsung cekatan berusaha untuk melakukan pertolongan dan mengevakusai korban. Peserta yang dapat mengevakusai korban kurang dari satu jam tersebut dinyatkan berhasil dan sukses dalam menjalankan simulasi proses evakuasi oleh para intruktur.
Tak hanya peserta CSSR yang melakukan simulasi, peserta pelatihan SAR Planing juga melakukan simulasi dimana dalam simulasi tersebut ada sebuah KM. Maju Mundur yang tenggelam dan seluruh awak kapal terjun kelaut menggunakan pelampung dan perahu skoci. Para peserta yang berperan sebagai tim SAR gabungan tersebut langsung berusaha secepat mungkun untuk melakukan pencarian posisi korban yang telah terbawa arus laut. Korban berhasil ditumukan titik lokasinya setelah tim sar gabungan berhasil melakukan perhitungan di peta.
Setelah semua demontrasi selesai dilaksanakan akhirnya kegiatan pelatihanpun dinyatakan selesai dengan diakhiri oleh pemberian sertifikat kepada perwakilan peserta oleh Kepala Biro Hukum dan Kepegawaian Badan SAR Nasional Agung Prasetyo, S.H.  (HMS) 
Link Terkait
PEJABAT